Profil Madrasah
Visi dan Misi
Moto:
“Al-Hasan Berakhlak dan Berprestasi”
Visi :
“Unggul Dalam Ilmu, Terampil Dan Berakhlakul Karimah”
Misi :
- Mendidik agar siswa berfikiri kritis, tekun dan mandiri
- Menggali dan membina potensi, minat dan bakat siswa
- Menciptakan suasana kbm yang efektif, kondusif dan produktif
- Mengembangkan sistem pendidikan yang profesional, bermoral, berkelanjutan dan bertanggungjawab.
Tujuan :
- Mengembangkan budaya sekolah yang religius melalui kegiatan keagamaan.
- Mengembangkan berbagai kegiatan dalam proses belajar dikelas berbasis pendidikan karakter bangsa
- Menghargai keberagaman budaya, suku, ras, dan tingkat social ekonomi dalam nasional
- Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber lain secara logis kritis dan kreatif
- Semua kelas melaksanakan pendekatan pembeajaran aktif pada semua mata pelajaran
- Menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial yang menjadi bagian dari pendidikan karakter bangsa
- Mengembangkan berbagai wawasan dalam bidang ilmu pengetahuan maupun dalam bidang keagamaan
- Menunjukkan kemampuan berfikir logis, kritis, kreatif dan inovatif
- Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai potensi yang dimilikinya
- Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
- Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara kesatuan Republik Indonesia
- Menghargai karya seni dan budaya nasional.
Sejarah Singkat
MTs Al-Hasan Banjarsari didirikan pada tahun 1997. Pada awal berdirinya, MTs Al-Hasan Banjarsari bernama MTs Terbuka Al-Hasan Banjarsari yang menginduk ke MTs Negeri 1 Banjar. Seiring dengan berjalannya waktu, MTs Al-Hasan Banjarsari dapat mandiri pada tahun 2002 dengan izin operasional dari Kantor Wilayah Departemen Agama RI Provinsi Jawa Barat.
Sejak saat itu pergantian pimpinan sekolah dapat diurutkan sebagai berikut :
- Tahun 1997 – 2015 dipimpin oleh Bapak Dr. KH. Mustofa Hasan, M.Ag
- Tahun 2015 – sekarang dipimpin oleh Ibu Laeliah, S.Pd
Sarana & Prasarana
Berikut ini adalah sarana dan prasarana yang ada di sekolah :
- Kelas 7 A
- Kelas 7 B
- Kelas 8 A
- Kelas 8 B
- Kelas 8 C
- Kelas 9 A
- Kelas 9 B
- Kelas 9 C
- Kelas 9 D
- Ruang Kepala Sekolah
- Ruang Tata Usaha
- Ruang Guru
- Ruang Osis
- Ruang BK/BP
- Ruang UKS
- Lab Komputer dan IPA
- Perpustakaan
- Masjid
- Lapangan Olahraga
- Tempat Parkir
- Asrama Santri
- WC Guru
- WC Laki-laki
- WC Perempuan
- Waserda
Struktur Organisasi
STRUKTUR ORGANISASI MTs AL-HASAN BANJARSARI TAHUN 2023
No | Nama | Jabatan |
1 | Amir Sutrisna | Ketua Komite |
2 | Laeliah, S.Pd | Kepala Madrasah |
3 | Lasino, S.Pd | Wk. Kepala Madrasah Bid. Kurikulum |
4 | Ii Suherman, S.Pd | Wk. Kepala Madrasah Bid. Kesiswaan |
5 | Dian Kusuma, S.Kom | Kepala Tata Usaha |
6 | Tursina, S.Pd | Kepala Perpustakaan |
7 | Roni Sanjaya, S.Pd | Wali Kelas 7A |
8 | Indah Indriyani, S.Pd | Wali Kelas 7B |
9 | Arip Ripaldi, S.Pd | Wali Kelas 8A |
10 | Annisa Nur Amanah, S.Pd | Wali Kelas 8B |
11 | Ulfatunnajah, S.Ag | Wali Kelas 8C |
12 | Nely Sofa, S.Pd.I | Wali Kelas 9A |
13 | Ardiansyah Sukma E, S.Pd | Wali Kelas 9B |
14 | Muhyati, S.HI | Wali Kelas 9C |
15 | Tursina, S.Pd | Wali Kelas 9D |
Kepala Sekolah
Laeliah, S.Pd. adalah kepala MTs Al-Hasan Banjarsari yang ke-2 sejak berdirinya madrasah ini pada tahun 1997. Lahir di Banjarsari (Ciamis) pada tahun 1984. Menghabiskan masa kecil sampai selesai tingkat SLTA di Ciamis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris membawanya menjadi seorang Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Galuh Ciamis pada tahun 2008.
Program Kerja
–
Kondisi Siswa
Berikut ini adalah gambar tabel kondisi siswa di madrasah kami :
Kelas | Jenis Kelamin | Jumlah | Wali Kelas | |
L | P | |||
VII.A | 16 | 0 | 16 | Roni Sanjaya, S.Pd |
VII.B | 0 | 38 | 38 | Indah Indriyani, S.Pd |
16 | 38 | 54 | ||
VIII.A | 31 | 0 | 31 | Arip Ripaldi, S.Pd |
VIII.B | 0 | 20 | 20 | Annisa Nur Amanah, S.Pd |
VIII.C | 0 | 21 | 21 | Ulfatunnajah, S.Ag |
31 | 41 | 72 | ||
IX.A | 23 | 13 | 36 | Nely Sofa, S.Pd.I |
IX.B | 26 | 0 | 26 | Ardiansyah Sukma Ependi, S.Pd |
IX.C | 0 | 17 | 17 | Muhyati, S.HI |
IX.D | 0 | 23 | 23 | Tursina, S.Pd |
49 | 53 | 102 | ||
Jumlah | 96 | 132 | 228 |
Komite Sekolah
Semenjak diluncurkannya konsep Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah dalam sistem manajemen sekolah, Komite Sekolah sebagai organisasi mitra sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya turut serta mengembangkan pendidikan di sekolah. Kehadirannya tidak hanya sekedar sebagai stempel sekolah semata, khususnya dalam upaya memungut biaya dari orang tua siswa, namun lebih jauh Komite Sekolah harus dapat menjadi sebuah organisasi yang benar-benar dapat mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa dari masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di sekolah serta dapat menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di sekolah.
Agar Komite Sekolah dapat berdaya, maka dalam pembentukan pengurus pun harus dapat memenuhi beberapa prinsip/kaidah dan mekanisme yang benar, serta dapat dikelola secara benar pula. Susunan pengurus Komite Sekolah adalah sebagai berikut:
No. | Nama | Jabatan |
1. | Amir Sutrisna | Ketua |
2. | H. Anwar Wardali | Wakil Ketua |
3. | Faisal Abdul Rahman, S.Pd | Sekretaris |
4. | Hasanah, S.Pd | Bendahara |
5. | Hopsoh, M.Pd | Anggota |
6. | Badrudin Sahrudin, M.Pd | Anggota |
7. | H. Bunyamin | Anggota |
Prestasi Siswa
Prestasi di Bidang Akademik :
Share this